Senin, 14 November 2011

KEINDAHAN INDONESIA

Keindahan “Sriwijaya” Bakal Pukau Asia Tenggara
Jumat, 11 November 2011 | 10:02
Gladi bersih pembukaan SEA Games XXVI di Jakabaring, Palembang [JG/M Zakir] Gladi bersih pembukaan SEA Games XXVI di Jakabaring, Palembang [JG/M Zakir]



[PALEMBANG] Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam, mulai dari tarian, kuliner, hingga adat istiadatnya.  Sumatera Selatan tentunya tidak tertinggal. Di sini, pada abad ke-7 sampai ke-12 berdiri Kerajaan Sriwijaya, salah satu kerajaan besar di Asia Tenggara.

Kemegahan Sriwijaya akan terlihat dalam Upacara Pembukaan SEA Games XXVI yang akan berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya, Kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (11/11). Dalam acara itu, tarian kontemporer berkisah tentang kebesaran Sriwijaya akan ditarikan oleh sekitar seribu penari.

“Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara pada masanya. Tarian ini akan menggambarkan kejayaan mereka. Saya yakin tarian dan seluruh rangkaian upacara pembukaan ini bisa memukau Asia Tenggara,” kata Ketua Inasoc Palembang Muddai Madang, Kamis (10/11).

Pada Kamis (10/11), para penari dan pengisi acara telah melakukan gladi bersih. Dalam balutan kostum berwarna-warni, mereka memperindah pemandangan Lapangan Gelora Sriwijaya. Penataan cahaya mempercantik penampilan mereka.

Upacara Pembukaan SEA Games ditandai dengan peluncuran kembang api. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan tiba di Jakabaring pada pukul 19.00 WIB. Replika perahu Sriwijaya dengan panjang sekitar satu meter memasuki lapangan sebagai tanda perjuangan atlet di ajang ini sudah dimulai.

Acara berlanjut dengan deville kontingen dengan 411 peserta dari 11 negara Asia Tenggara. Mobil yang dihiasi replika ikon, seperti miniatur hias Candi Borobudur dan komodo dari Indonesia, akan berparade mengiringi masuknya kontingen ke lapangan.

Kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dijadwalkan memberikan pidato sambutannya.  Setelah itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka SEA Games XXVI sekaligus memberikan sambutannya kepada atlet dari seluruh Asia Tenggara.
Penyalaan obor yang akan dilakukan legenda bulutangkis Indonesia Susi Susanti akan dimulai pada sekitar pukul 21.30 WIB. Ini akan menjadi atraksi yang tidak kalah menariknya dari tarian Sriwijaya. Susi berlari membawa obor, kemudian dia akan menaiki replika perahu Sriwijaya.

Di atas perahu, peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 itu menaiki menara perahu. Dari atas sana, Susi diterbangkan menuju caldron setinggi 15 meter. Ia melemparkan tombak api SEA Games yang langsung menyala di atas kaldron berbentuk bunga teratai itu.
Teknologi Light Emitting Diode (LED) juga menambah semarak acara pembukaan yang akan dimeriahkan penyanyi papan atas Agnes Monica, KC Conception, Jacqueline Victor, Judika,  dan Joy Tobing. Joy akan menyanyikan lagu ciptaan Presiden SBY berjudul Bersatu dan Maju.

Animo masyarakat untuk menyaksikan upacara pembukaan sangat besar. Hingga saat ini, 85 persen dari 11.000 tiket yang disediakan sudah terjual. Tiket Platinum VVIP Barat seharga Rp 2 juta sudah terjual 700 lembar, tiket Gold VIP Barat dengan harga Rp  1 juta terjual sekitar 2.500 lembar, Silver yang harganya Rp 500.000 terjual 2.000 lembar, tiket bronze barat seharga Rp 250.000 terjual 4.000 lembar. 

Lima tamu penting, yaitu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Datuk Sri Najib Razak, Putera Mahkota Thailand Vajilarongkorn, adik Sultan Brunei Darussalam Jeffrey Bolkiah dan Putera Mahkota Brunei Darussalam Al Muhtadee Billah rencananya akan menghadiri acara ini. [Y-8]  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar